CRANGAH

Dusun Crangah terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dusun Crangah terdiri dari 2 RW dan 6 RT. Jumlah kepala Keluarga sebanyak 148 KK dengan pembagian jumlah penduduk perempuan 240 orang dan penduduk laki-laki 247 orang. Kelompok / perkumpulan di dusun Crangah antara lain Dasa Wisma dan PKK. Komoditas yang ada di dusun Crangah seperti coklat, durian (kalo pas musim panen di jual sampai ke Pasar Wates), kelapa dan gula jawa. Mata pencaharian warga mayoritas adalah menderes pohon kelapa (mencari nira untuk bahan gula jawa), membuat gula jawa masih dalam skala rumah tangga  dan gula semut serta ternak kambing.

Fasilitas yang ada di dusun Crangah antara lain: Mushola Baitul Muttaqin di rt 43, Masjid Al-Barokah di Rt 44, Masjid Al Hikmah di Rt 45, Masjid Baiturrahman digunakan oleh warga Rt 46/47, dan PAUD Melati.

Adapun kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia Unit 257 Angkatan 2012/2013 tentang mengajarkan untuk membuat papan bercerita dari kain flanel untuk anak-anak bagi ibu-ibu untuk mengisi waktu luang, mungkin dengan membuat papan bercerita ini Insyaallah akan menambah pendapatan ibu-ibu.

 Contoh Papan Bercerita untuk Anak-anak

Potensi yang ada di dusun Crangah antara lain:

1. Kube Sejahtera
 Merupakan perkumpulan kelompok usaha bersama. Dan kelompok tani ternak kambing.


2. Gula Jawa
Gula jawa merupakan penghasilan utama warga dusun Crangah, setiap sore mereka mengambil air nira dari pohon kelapa untuk di gunakan sebagai bahan dasar membuat gula jawa.

Gula jawa yang masih di dalam cetakan.



2 komentar:

  1. service pangilan kulkas dan mesin cuci tlp sms atau whatsup ..mas agung 087738689506

    BalasHapus
  2. service pangilan kulkas dan mesin cuci tlp sms atau whatsup ..mas agung 087738689506

    BalasHapus

Copyright © 2013 HargotirtoTemplate by : Hargotirto Informatics Team KKN UII 2013.