Sungapan II

Bismillah hirohman nirohim

Dusun Sungapan II terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dusun Sungapan II terdiri dari 2 RW dan 5 RT. Jumlah kepala Keluarga sebanyak 172 KK.
Kelompok / perkumpulan di dusun Sungapan II antara lain dasawisma. Komoditas yang ada di dusun Sungapan II seperti Durian (Musiman) , Gula jawa, Gula Semut, Bambu. Mata pencaharian warga mayoritas adalah membuat gula jawa, gula semut, Ternak Kambing dan ada sebagian warga bekerja sebagai pandai besi dan meubel.
Kegiatan warga di dusun sungapan II bermacam-macam, seperti, kerja bakti dan pengjian rutin yang diadakan rutin setiap minggunya.

Fasilitas yang ada di dusun Teganing 1 antara lain: Masjid Babul Jannah,  Mushola Darul Falah, Mushola Nurul Ihsan, 1 PAUD, 1 Posyandu,  dan TPA

Salah satu potensi di dusun ini yang paling maju adalah GULA SEMUT.

GULA SEMUT
Gula semut merupakan gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yg bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.
Permintaan akan gula semut terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini tidak lepas dari usaha para produsen gula semut yang terus melakukan pendidikan pasar. Terutama terhadap target pasar industri yang sangat mempertimbangkan efisiensi, mereka terus menonjolkan sisi kepraktisan dari gula semut dibandingkan dengan menggunakan gula merah biasa.


Oven untuk membuat gula Semut

Gula semut

Gula semut


Salah satu masjid kebanggaan dan menjadi masjid utama adalah masjid Babul Jannah
Masjid ini merupakan masjid utama yang berada di dusun sungapan II , di masjid ini juga memiliki TPA yang bernama TPA Babul Jannah.
TPA Babul Jannah juga telah banyak mengikuti kejuaran dan mendapat banyak penghargaan.

Masjid Babul Jannah

Penghargaan yang diraih oleh TPA Babul Jannah


Salah satu kegiatan yang dibuat oleh KKN UII 2013 dan di ajarkan oleh ibu ibu di sungapan II dan InsyaAllah dikembangkan adalah kerajinan Papan Bergambar yang dibuat dari kain Flanel


Papan Bergambar Kain Flanel




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 HargotirtoTemplate by : Hargotirto Informatics Team KKN UII 2013.